PENGARUH PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN MEDIA MANIK-MANIK BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas V SD IT Zaid Bin Tsabit Blondo Kabupaten Magelang)

Wardani, Isna Nurul (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN MEDIA MANIK-MANIK BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas V SD IT Zaid Bin Tsabit Blondo Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0065_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_Isna Nurul Wardani.pdf - Published Version

Download (818kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0065_BAB IV_Isna Nurul Wardani.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0065_LAMPIRAN_Isna Nurul Wardani.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0065_FULLTEXT_Isna Nurul Wardani.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan media manik-manik bilangan terhadap hasil belajar matematika kelas V SD IT Zaid Bin Tsabit Blondo Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen murni (True experimental Design) dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian dipilih secara simple random sampling . Sampel yang diambil sebanyak 48 siswa yang terdiri dari 24 kelompok eksperimen dan 24 siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Uji validitas instrumen tes menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for windows versi 24.00. Uji prasarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji Independent T Test dengan bantuan program SPSS for windows versi 24.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan media manik-manik bilangan berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika. Hal ini dibuktikan dari hasil uji Independent T Test pada kelompok eksperimen dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,000<0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata nilai posttest pada kelompok eksperimen adalah 88,5 dan kelompok kontrol sebesar 74,5. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan media manik-manik bilangan berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatno, M.Si dan MA Noviudin Pritama, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: pembelajaran student teams achievement divisions (STAD), media manik-manik bilangan, hasil belajar matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 17 Jan 2022 08:08
Last Modified: 17 Jan 2022 08:08
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3039

Actions (login required)

View Item View Item