PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas 3 SD Negeri Candirejo 1 Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang)

Suhesti, Dwi (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas 3 SD Negeri Candirejo 1 Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0064_BAB I_BAB II_BAB III_Dwi Suhesti.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0064_BAB IV_Dwi Suhesti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0064_FULLTEXT_Dwi Suhesti.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry terbimbing berbantuan multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas 3 SD Negeri Candirejo 1 Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan model Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 40 orang siswa terdiri dari 20 siswa kelompok eksperimen dan 20 kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar. Uji validitas instrumen tes hasil belajar dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan cronbach alpa dengan bantuan program SPSS For Windows Versi 22.00. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji linearitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan Paired Sample t-test dengan bantuan program SPSS For Windows Versi 22.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inquiry terbimbing berbantuan multimedia interaktif berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Paired Sample t-test pada kelompok eksperimen didapatkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0, 000 (signifikansi < 0,05). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata hasil belajar IPA antara kelompok eksperimen sebesar 83,10 dan kelompok kontrol sebesar 71, 84. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inquiry terbimbing berbantuan multimedia interaktif memberikan pengaruh yang lebih besar atau signifikan dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatno, M.Si. dan Arif Wiyat Purnanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing, Multimedia Interaktif, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 17 Jan 2022 08:08
Last Modified: 17 Jan 2022 08:08
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3038

Actions (login required)

View Item View Item