PENGARUH PEMBELAJARAN PROYEK BERBASIS STUDI WISATA TERHADAP KEMAMPUAN RESOLUSI KONFLIK SISWA SD (Penelitian pada Siswa Kelas V di SD N Tening Wonoboyo Temanggung)

Lestari, Fifin (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN PROYEK BERBASIS STUDI WISATA TERHADAP KEMAMPUAN RESOLUSI KONFLIK SISWA SD (Penelitian pada Siswa Kelas V di SD N Tening Wonoboyo Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0062_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_Fifin Lestari.pdf - Published Version

Download (945kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0062_BAB IV_Fifin Lestari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0062_LAMPIRAN_Fifin Lestari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0062_FULLTEXT_Fifin Lestari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menerapkan secara langsung pembelajaran berbasis proyek untuk mengetahui kemampuan resolusi konflik dikelas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran proyek terhadap kemampuan resolusi konflik pada kelas V di SD Negeri Tening, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen pada desain PreExperimental Designs, khususnya pola one group pretest posttest design. Penelitian ini terdiri atas 1 variabel bebas yaitu pembelajaran berbasis studi wisata (X) dan 1 variabel terikat yaitu kemampuan resolusi konflik (Y). Pembelajaran proyek berbasis studi wisata diterapkan di kelas V SD Negeri Tening yang berjumlah 23 siswa dengan total/jenuh sampling sebagai teknik pengambilan sampelnya. Data penelitian yang dikumpulkan melalui observasi, angket dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan paired sampel t test. Hasil analisis paired sampel t test menunjukkan bahwa pembelajaran proyek berbasis studi wisata berpengaruh terhadap kemampuan resolusi konflik siswa kelas V di SD Negeri Tening. Hal ini dibuktikan dangan nilai signifikan yang diperoleh yaitu 0,000. Berdasarkan hasil analisis, nilai signifikansi kurang dari 0,05 dan t hitung (-5,576) yang lebih besar dari t tabel (0,044) menunjukkan bahwa pembelajaran proyek berbasis studi wisata berpengaruh terhadap kemampuan resolusi konflik siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatno M.Si dan Rasidi M.Pd
Uncontrolled Keywords: pembelajaran proyek, studi wisata, resolusi konflik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:46
Last Modified: 17 Jan 2022 07:46
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3037

Actions (login required)

View Item View Item