PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN ALAT PERAGA RODA PINTAR (Penelitian pada Siswa Kelas II SDN Danupayan Bulu Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2017/2018)

Wahyuningsih, Ema (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN ALAT PERAGA RODA PINTAR (Penelitian pada Siswa Kelas II SDN Danupayan Bulu Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2017/2018). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0056 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (634kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0056 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0056 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0056 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika materi bangun datar pada siswa kelas II dengan menggunakan pembelajaran kontekstual dan alat peraga roda pintar di SDN Danupayan Bulu, Kabupaten Temanggung. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek PTK adalah siswa kelas II SDN Danupayan yang berjumlah 15 siswa, terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan tes. PTK ini terdiri dari 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan dan setiap pertemuan dilakukan evaluasi untuk mengukur tingkat hasil belajar siswa. Teknis analis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif, data kuantitatif didapatkan dari tes tertulis, sedangkan data kualitatif didapatkan dari lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa, ditunjukan dengan peningkatan nilai rata-rata di setiap siklus. Nilai ratarata siklus I yaitu 73 dengan persentase ketuntasan 47%, sedangkan rata-rata nilai siklus II yaitu 81 dengan persentase ketuntasan 88%. Demikian, penggunaan alat peraga roda pintar dikolaborasikan dengan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam materi bangun datar kelas II SDN Danupayan Bulu, Kabupaten Temanggung.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons. dan Rasidi M.Pd
Uncontrolled Keywords: hasil belajar matematika, kontekstual, alat peraga roda pintar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:45
Last Modified: 17 Jan 2022 07:45
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3035

Actions (login required)

View Item View Item