PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MEDIA HERBARIUM TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA (Penelitian pada Siswa Kelas III SD Islam Al Umar Ngargosoka)

Pratiwi, Irianti Hatta (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MEDIA HERBARIUM TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA (Penelitian pada Siswa Kelas III SD Islam Al Umar Ngargosoka). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
1403050049_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_IRIANTI HATTA PRATIWI.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
1403050049_BAB IV_IRIANTI HATTA PRATIWI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
1403050049_LAMPIRAN_IRIANTI HATTA PRATIWI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
1403050049_FULLTEXT_IRIANTI HATTA PRATIWI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (755kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan media herbarium terhada keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA kelas III Sekolah Dasar Islam Al Umar Ngargosoka. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan model Pretest Postest Control Group Design. Subjek penelitian dipilih secara acak. Sampel yang diambil sebanyak 40 orang siswa terdiri dari 20 siswa kelompok eksperimen dan 20 siswa kelompok kontrol. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi keaktifan siswa. Uji validitas instrumen menggunakan rumus product moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alphadengan bantuan SPSS for windows versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh positif terhadap keaktifan siswa SD Islam Al Umar Ngargosoka, TA 2017/2018, hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Mann Whitney pada kelompok eksperimen dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,000< 0.05.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Sugiyadi, M.Pd.,Kons. dan Dhuta Sukmarani M.Si
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Keaktifan Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:43
Last Modified: 17 Jan 2022 07:43
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3033

Actions (login required)

View Item View Item