Anugraheni, Ayik (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN MEDIA KARTU PASANGAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas V Di SD Negeri Blondo 3 Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2017/2018). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
14.0305.0042_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAK_Ayik Anugraheni.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
14.0305.0042_BAB IV_Ayik Anugraheni.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (510kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0305.0042_LAMPIRAN_Ayik Anugraheni.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0305.0042_FULLTEXT_Ayik Anugraheni.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model STAD dengan media Kartu Pasangan terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Negeri Blondo 3 Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan model quasi experiment tipe nonequivalent control group design. Subjek penelitian dipilih secara Sampling jenuh. Sampel yang diambil sebanya 40 siswa terdiri dari 20siswa kelompok eksperimen dan 20 siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Uji validitas instrumen tes menggunakan tenik korelasi product moment dengan bantuan komputer program SPSS versi 23.0 for windows. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homohgenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik analysis of varian anova menggunakan two way anova dengan banatuan SPSS 23.0 for windows Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan menunjukkan bahwa model Student Teams Achievement Division (STAD) dengan media kartu pasangan berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar IPA. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis two way anova pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai signifikansi 0,019 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan terdapat skor rata-rata tes hasil belajar antara kelompok eksperimen sebesar 81,00 dan kelompok kontrol sebesar 75,16. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Student Teams Achievement Division (STAD) dengan media kartu pasangan berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar IPA.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil, M.Pd.,Kons dan Tria Mardiana, M.Pd, |
Uncontrolled Keywords: | Student Teams Achievement Division model, enhacement study result natural sciences |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 07:42 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 07:42 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3031 |
Actions (login required)
View Item |