PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MELALUI MEDIA CORONG LACI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Muhammadiyah Parakan Kabupaten Temanggung)

Rizkiyah, Lailatul (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MELALUI MEDIA CORONG LACI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Muhammadiyah Parakan Kabupaten Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0032_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_Lailatul Rizkiyah.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0032_BAB IV_Lailatul Rizkiyah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (776kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0032_LAMPIRAN_Lailatul Rizkiyah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0032_FULLTEXT_Lailatul Rizkiyah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving melalui media corong laci terhadap aktivitas belajar matematika. Media corong laci diharapkan dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimental sebenarnya (True Eksperimental Design) tipe Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III Sekolah Dasar Muhammadiyah Parakan Kabupaten Temanggung dengan jumlah sampel 30 siswa sebagai kelas kontrol dan 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik probability sampling tipe simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi. Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian menggunakan expert judgement yaitu dosen universitas. Analisis data menggunakan uji statistik parametrik yaitu uji Independent Sample Test berbantuan komputerisasi SPSS (Statistical Product and Service Solutions) Versi 22 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran problem solving melalui media corong laci berpengaruh positif terhadap aktivitas belajar matematika siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji Independent Sample Test dengan nilai signifikansi (sig. 2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan terdapat perbedaan antara pengukuran awal dan pengukuran akhir di kelas kontrol dengan rata-rata persentase sebesar 48,58% meningkat menjadi 48,88% dan kelas eksperimen dengan rata-rata persentase sebesar 48,82% meningkat menjadi 90,08% setelah diberi perlakuan. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran problem solving melalui media corong laci berpengaruh terhadap aktivitas belajar matematika pada siswa kelas III Sekolah Dasar Muhammadiyah Parakan Kabupaten Temanggung.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Lilis Madyawati, M.Si, dan Galih Istiningsih, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Problem Soving, Media Corong Laci, Aktivitas Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:38
Last Modified: 17 Jan 2022 07:38
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3028

Actions (login required)

View Item View Item