Rohmah, Aminatu (2018) HUBUNGAN KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR (Penelitian pada Siswa Kelas V SDN Banjarejo Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
14.0305.0026_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_Aminatu Rohmah.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
14.0305.0026_BAB IV_Aminatu Rohmah.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (596kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0305.0026_LAMPIRAN_Aminatu Rohmah.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0305.0026_FULLTEXT_Aminatu Rohmah.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan (1) kondisi sosial ekonomi keluarga dengan prestasi belajar, (2) perhatian orang tua dengan prestasi belajar, dan (3) kondisi sosial ekonomi keluarga dan perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas V di SDN Banjarejo, Kaliangkrik, Magelang. Kondisi sosial ekonomi dapat menentukan tingkat perhatian orang tua yang akan berdampak pada prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan subjek penelitian menggunakan total sampling yaitu 21 siswa kelas V. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket dan studi dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan rumus product moment, uji reliabilitas menggunakan cronbach alpha. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, dan autokorelasi. Analisis data menggunakan statistik parametrik yaitu uji korelasi produt moment dan regresi ganda dengan program SPSS 22.0. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat hubungan signifikan antara kondisi sosial ekonomi keluarga dengan prestasi belajar, hasil analisis menunjukkan signifikansi 0,701>0,05 dengan kontribusi sebesar 0,8% . (2) terdapat hubungan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar meniliki hubungan positif yang signifikan, hasil analisis signifikansi 0,12<0,05 dan kontribusi sebesar 28,8%. (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kondisi sosial ekonomi dan perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa, hasil analisis regresi ganda menunjukkan nilai 0,036<0,05 dengan kontribusi sebesar 30,6%.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil, M. Pd., Kons, dan Agrissto Bintang A. P, M. Pd, |
Uncontrolled Keywords: | kondisi sosial ekonomi keluarga, perhatian orang tua, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 07:38 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 07:38 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3027 |
Actions (login required)
View Item |