PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA KANTONG KANGGURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas II SD Negeri Tempurejo 1 Tempuran Kab. Magelang)

Azka, Milati (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA KANTONG KANGGURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas II SD Negeri Tempurejo 1 Tempuran Kab. Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0014_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_Milati Azka.pdf - Published Version

Download (680kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0014_BAB IV_Milati Azka.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0014_LAMPIRAN_Milati Azka.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0014_FULLTEXT_Milati Azka.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual dengan media kantong kangguru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri Tempurejo 1 Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah desain penelitian Pre Experimental One Grup Pretest and Posttest Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Tempurejo 1 yang berjumlah 27 siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa II yang berjumlah 27 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Uji instrumen menggunakan uji validasi dan uji reliabilitas. Sedangkan analisis data penelitian menggunakan Uji Non Parametrik dengan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model kontekstual dengan media kantong kangguru berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata posttest setelah diberikan perlakuan menggunakan media kantong kangguru dibandingkan nilai rata-rata pretest. Berdasarkan analisis diperoleh Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0.000 < 0,05 dan Z skor sebesar -4,560 sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajara kontekstual dengan media kantong kangguru berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Riana Mashar, M.Si.,Psi dan Tria Mardiana, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model kontekstual, media kantong kangguru, hasil belajar matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:32
Last Modified: 17 Jan 2022 07:32
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3023

Actions (login required)

View Item View Item