Mardiyanto, Mardiyanto (2018) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA MENGENAI PERAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas 3 SD IT Al-Umar Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2017/2018). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
14.0305.0007_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_MARDIYANTO.pdf - Published Version Download (874kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
14.0305.0007_BAB IV_MARDIYANTO.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (508kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0305.0007_LAMPIRAN_MARDIYANTO.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0305.0007_FULLTEXT_MARDIYANTO.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hubungan antara persepsi siswa mengenai peran guru dalam proses pembelajaran dengan hasil belajar matematika, (2) Hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar matematika, (3) Hubungan antara persepsi siswa mengenai peran guru dalam proses pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas 3 di SD AL-UMAR Srumbung Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitianEx-Post Factodengan pendekatan kuantitatif.Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD AL-UMAR Srumbung. Pengumpulan data menggunakan angket untuk variabel peran guru dalam proses pembelajaran dan motivasi belajar. Sedangkan dokumentasi untuk variabel hasil belajar matematika.Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reabilitas menggunakan rumus Croanbach’s Alpha.Uji persyartan analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas.Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan korelasi Product Moment, sedangkan untuk pengujian hipotesis ketiga menggunakan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan peran guru dengan hasil belajar matematika. Hal itu ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rx1-y) sebesar 0,583, p-value 0,003<0,05, koefisien diterminan (r2 x1-y)sebesar 0,340. t hitung sebesar 3,369 lebih besar dari t tabel sebesar 1,72074; (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika. Hal itu ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rx2-y) sebesar 0,569, p-value 0,004<0,05, koefisien diterminan (r2 x2-y)sebesar 0,232. t hitung sebesar 3,243 lebih besar dari t tabel sebesar 1,72074; (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan peran guru dan motivasi belajar secara bersamasama dengan hasil belajar matematika. Hal itu ditunjukkan dengan F hitung 8,404 lebih besar dari F tabel 3,40 atau probabilitas 0,002. Koefisien diterminan sebesar 0,445 yang berarti bahwa 44,5%.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil, M.Pd S.Kons dan Ari Suryawan M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Hubungan peran guru dan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 07:31 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 07:31 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3022 |
Actions (login required)
View Item |