PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA VISUAL DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri Banyakan Mertoyudan Magelang Tahun Ajaran 2017/2018)

Nafisah, Durotun (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA VISUAL DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri Banyakan Mertoyudan Magelang Tahun Ajaran 2017/2018). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0305.0006_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_Durotun Nafisah.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0006_BAB IV_Durotun Nafisah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0006_LAMPIRAN_Durotun Nafisah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0305.0006_FULLTEXT_Durotun Nafisah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dengan media visual diorama terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Banyakan Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan model Nonequivalent control group design. Subjek penelitian dipilih secara total sampling. Sampel yang diambil sebanyak 40 siswa terdiri dari 20 siswa kelompok eksperimen dan 20 siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Uji validitas instrumen tes menggunakan teknik korelasi product moment dengan bantuan komputer program IMB SPSS versi 25.00 for windows. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik Mann-Whitney U dengan bantuan komputer program IMB SPSS versi 25.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dengan media visual diorama berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji Mann-Whitney U pada kelompok eksperimen dengan nilai 0,001< 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata tes hasil belajar antara kelompok eksperimen sebesar 7,7 dan kelompok kontrol sebesar 6,8. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dengan media visual diorama berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Riana Mashar, M.Si.,Psi. dan Tria Mardiana M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Leraning (PBL), Hasil Belajar, IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:30
Last Modified: 17 Jan 2022 07:30
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3021

Actions (login required)

View Item View Item