PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING TERHADAP PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ( Penelitian pada Siswa Kelas III SDN Secang 2 Kabupaten Magelang )

Kurniasari, Silviana Putri (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING TERHADAP PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ( Penelitian pada Siswa Kelas III SDN Secang 2 Kabupaten Magelang ). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0176_BAB I_II_III__DAFTAR PUSTAKA_Silviana Putri Kurniasar.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0176_LAMPIRAN_Silviana Putri Kurniasar.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
FILE 13.0305.0176_BAB IV_Silviana Putri Kurniasar2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0176_FULLTEXT_Silviana Putri Kurniasar.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Kancing Gemerincing terhadap kemandirian dan hasil belajar mata pelajaran Matematika kelas III Sekolah Dasar Negeri Secang 2 Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen (Quasi Experimental Design) dengan model Nonequivalent Pretest Posttest Design. Subjek Penelitian dipilih secara purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 46 orang siswa terdiri dari 23 siswa kelompok eksperimen dan 23 siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes pada awal (pretest) dan akhir pemebelajaran (posttest). Analisis data menggunakan teknik statistik non parametrik yaitu uji Man Whitney. Hasil analisis man whitney pada pretest dan posttest kemandirian belajar menunjukkan hasil pretest 0,817 > 0,05 dan hasil posttest 0,000 > 0,05. Analisis ttest pada pretest hasil belajar Matematika menunjukkan 0,517 > 0,000 dan posttest 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Kancing Gemerincing terhadap kemandirian belajar pada kelompok eksperimen.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatno, M.Si dan Septiyati Purwandari, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Kancing Gemerincing, kemandirian belajar , hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:26
Last Modified: 17 Jan 2022 07:26
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3017

Actions (login required)

View Item View Item