Linuwih, Megawati Dian (2018) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN BERBANTUAN MEDIA KONKRET (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri Mertoyudan 1 Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
13.0305.0163_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_MEGAWATI DIAN LINUWIH.pdf - Published Version Download (497kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
13.0305.0163_BAB IV_MEGAWATI DIAN LINUWIH.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (425kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0305.0163_LAMPIRAN_MEGAWATI DIAN LINUWIH.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0305.0163_FULLTEXT_MEGAWATI DIAN LINUWIH.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan prestasi belajar IPA melalui penerapan metode eksperimen berbantuan media konkret pada siswa kelas V SD Negeri Mertoyudan 1. Peningkatan hasil belajar mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V yang terdiri dari 8 siswa putra dan 17 siswa putri. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan melaksanakan tes tertulis, observasi serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel input (prestasi belajar siswa kelas V SD N Mertoyudan 1 masih rendah), variabel proses (kegiatan pembelajaran di kelas V melalui penerapan metode eksperimen berbantuan media konkret), dan variabel output (peningkatan prestasi belajar IPA pada siswa kelas V SD N Mertoyudan 1 melalui metode eksperimen berbantuan media konkret). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan di ketiga aspek pembelajaran. Prestasi belajar siswa pada aspek kognitif mengalami peningkatan dari 20% kemudian meningkat menjadi 92%. Hasil pengamatan aktivitas guru ketika pembelajaran mengalami peningkatan dari 66% kemudian meningkat menjadi 83%. Prestasi belajar siswa pada aspek afektif mengalami peningkatan dari 66% kemudian meningkat menjadi 77%, serta hasil belajar siswa pada aspek psikomotorik mengalami peningkatan dari 58% kemudian meningkat menjadi 78%.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Prof.Dr. Muhammad Japar, M.Si.Kons. dan Rasidi, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Prestasi belajar, Metode Eksperimen berbantuan media konkret |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 07:21 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 07:21 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3013 |
Actions (login required)
View Item |