PENGARUH METODE DRILL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN KELAS 1 (Penelitian pada SD Negeri Pucang, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang)

Cahyaningrum, Desi (2018) PENGARUH METODE DRILL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN KELAS 1 (Penelitian pada SD Negeri Pucang, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0147_BAB I_II_III_V_DAFFTAR PUSTAKA_Desi Cahyaningrum.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0147_BAB IV_Desi Cahyaningrum.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0147_LAMPIRAN_Desi Cahyaningrum.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0147_FULLTEXT_Desi Cahyaningrum.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode drill terhadap peningkatan kemampuan membaca menulis permulaan kelas I SD N Pucang, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang. Peneliti menggunakan model penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian pretest-posttest control group design. Variabel bebas penelitian yaitu Metode Drill dan variabel terikat yaitu peningkatan Membaca Menulis Permulaan. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SD Negeri Pucang yang berjumlah 20 siswa pada kelas eksperimen dan 20 siswa pada kelas kontrol. Teknik sampling menggunakan total sampling. Data dikumpulkan menggunakan soal tes analisis data menggunakan Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan membaca menulis permulaan mengalami peningkatan, hal tersebut dibuktikandengan meningkatnya nilai rata-rata posttest seluruh responden setelah diberikan treatment menggunakan metode drill dari nilai pretest. Selain kognitif, aspek afektif dan psikomotorik juga mengalami peningkatan.Dapat dikatakan bahwa penerapan metode drill berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan membaca menulis permulaan kelas I SD N Pucang. Nilai signifikan menunjukkan 0,037 karena nilai signifikan kurang dari 0,05 dapat disimpulkan metode drill berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca menulis permulaan.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. H. Subiyanto, M.Pd dan Dhuta Sukmarani, M.Si
Uncontrolled Keywords: Metode Drill, Membaca Menulis Permulaan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:11
Last Modified: 17 Jan 2022 07:11
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3010

Actions (login required)

View Item View Item