EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SD NEGERI 2 WONOKERSO (Penelitian pada Siswa Kelas II di SD N 2 Wonokerso Kec. Tembarak Temanggung)

Iqlima, Khawa (2018) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SD NEGERI 2 WONOKERSO (Penelitian pada Siswa Kelas II di SD N 2 Wonokerso Kec. Tembarak Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0146_BAB I_II_III_V_DAFTAR PUSTAKA_Khawa Iqlima.pdf - Published Version

Download (622kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0146_BAB IV_Khawa Iqlima.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0146_LAMPIAN_Khawa Iqlima.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0146_FULLTEXT_Khawa Iqlima.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pembelajaran SETS dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas II. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian metode ekpserimen. Penelitian eksperimen yang digunakan adalah desain eksperimen one group pretest-posttest. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh sebanyak 20 orang siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes tertulis. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas. Analisis data menggunakan teknik statistik non parametrik yaitu uji peringkat Wilcoxon dengan bantuan program SPSS for Windows versi 24.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran SETS efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas II. Hasil ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata pretest. Nilai rata-rata kognitif siswa pada saat pretest 64,43 dan posttest 82,14, nilai rata-rata afektif siswa pada saat pretest 64,67 dan posttest 84,67, nilai rata-rata psikomotorik siswa pada saat pretest 59,00 dan posttest 85,00. Hasil uji statistik juga menunjukkan adanya perbedaan yang siginfikan antara hasil belajar IPA antara sebelum dan sesudah siswa diberi perlakuan dengan pembelajaran SETS baik dari aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons. dan Ari Suryawan M.Pd.
Uncontrolled Keywords: efektivitas, pembelajaran IPA, bervisi SETS, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:10
Last Modified: 17 Jan 2022 07:10
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3008

Actions (login required)

View Item View Item