EFEKTIVITAS METODE MNEMONIK TEKNIK AKRONIM UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS (Penelitian Pada Siswa Kelas V SD Islam An-Nuur Gadinglegok Podosoko Sawangan Magelang Tahun Ajaran 2018/2019)

Anisa, Siti Nur (2018) EFEKTIVITAS METODE MNEMONIK TEKNIK AKRONIM UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS (Penelitian Pada Siswa Kelas V SD Islam An-Nuur Gadinglegok Podosoko Sawangan Magelang Tahun Ajaran 2018/2019). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0136_BAB I_II_III_V_DAFTAR PUSTAKA_Siti Nur Anisa.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0136_BAB IV_Siti Nur Anisa.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0136_LAMPIRAN_Siti Nur Anisa.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0136_FULLTEXT_Siti Nur Anisa.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode mnemonik teknik akronim untuk peningkatan prestasi belajar IPS pada siswa kelas V SD Islam An-Nuur Gadinglegok Podosoko Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SD Islam An-Nuur Gadinglegok Podosoko Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang. Desain penelitian menggunakan penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus dimana masing-masing siklusnya terdiri atas 2 kali pertemuan. Variabel penelitian menggunakan 2 variabel yaitu prestasi belajar IPS dan Mnemonik Teknik Akronim. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi, Teknik analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Uji instrumen menggunakan validitas isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Mnemonik Teknik Akronim efektif untuk peningkatkan Prestasi belajar IPS. Peningkatan Prestasi belajar ini tampak pada pembelajaran siklus I ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 46% mengalami peningkatan pada siklus 2 dimana ketuntasan belajar menjadi 85%. Nilai rata-rata kelas selama pembelajaran IPS juga meningkat dimana pada siklus I memiliki nilai rata-rata kelas 66, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 77.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd.,Kons. dan Galih Istiningsih, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar IPS, Metode Mnemonik teknik Akronim
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:08
Last Modified: 17 Jan 2022 07:08
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3007

Actions (login required)

View Item View Item