Ramadhani, Febri Suci (2018) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBASIS PERMAINAN TUKAS TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPS (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SDN Salam Kanci I Bandongan Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
13.0305.0132_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_Febri Suci Ramadhani.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
13.0305.0132_BAB IV_Febri Suci Ramadhani.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (447kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0305.0132_LAMPIRAN_Febri Suci Ramadhani.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0305.0132_FULLTEXT_Febri Suci Ramadhani.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran Word Square berbasis permainan tukas terhadap aktivitas belajar IPS kelas IV Sekolah Dasar Negeri Salam Kanci I Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian (Quasi experimental design) dengan model Pretest Posttest Control Group Design. Variabel bebas dari penelitian ini adalah metode pembelajaran word square berbasis permainan tukas dan variabel terikat adalah aktivitas belajar IPS. Subjek Penelitian dipilih secara sampling jenuh. Populasi yang diambil sebanyak 34 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen lembar angket dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data yang digunakan adalah uji independent sample t-test dengan membandingkan nilai posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis ini digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran Word Square terhadap aktivitas belajar IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil Uji independent sample ttest dapat dilihat dari dua hasil analisis diperoleh Nilai thitung dibandingkan dengan nilai ttabel, didapatkan nilai 5,083 > 2,036, maka dapat disimpulkan bahwa HO ditolak. Pengambilan keputusan bisa juga dilihat dari nilai signifikansi. Jika nilai signifikansi > 0,05, maka HO diterima, sedangkan jika nilai signifikansi < 0,05 maka HO ditolak, didapatkan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05, hal ini berarti terdapat perbedaan aktivitas belajar IPS yang signifikan antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran Word Square berbasis permainan tukas dan kelas yang menggunakan metode konvensional. Kesimpulan uji statistik menunjukan bahwa “penggunaan metode pembelajaran Word Square berbasis permainan tukas berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar IPS kelas IV di SDN Salam Kanci I Bandongan Magelang.” Hal ini dibuktikan dengan peningkatan skor rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. H. Subiyanto, M.Pd. dan Galih Istiningsih, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Belajar, IPS, Word Square, Permainan Tukas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 07:06 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 07:06 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3006 |
Actions (login required)
View Item |