Karim, Ibniyatul (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) BERBANTUAN MEDIA GAMTAHAN DOCARD TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian terhadap Siswa Kelas IV SD Negeri Sutopati 1 Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
13.0305.0101_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_Ibniyatul Karim.pdf - Published Version Download (827kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
13.0305.0101_BAB IV_Ibniyatul Karim.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (316kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0305.0101_LAMPIRAN_Ibniyatul Karim.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0305.0101_FULLTEXT_Ibniyatul Karim.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) berbantuan media Gamtahan Docard terhadap minat belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sutopati 1 Kajoran. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan model Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Sutopati 1 Kajoran dengan jumlah 46 siswa terdiri dari 23 siswa kelompok eksperimen dan 23 siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket minat belajar. Uji validitas instrumen angket minat belajar menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus croanbach alpha. Analisis data menggunakan teknik statistik non parametrik yaitu uji Mann Whitney dengan bantuan SPSS 23.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) berbantuan media Gamtahan Docard berpengaruh positif terhadap minat belajar matematika. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji Mann Whitney dengan nilai Asymp. Sig (2- tailed) 0,010 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan persentase rata-rata angket minat belajar antara kelompok eksperimen sebesar 8,63% dan kelompok kontrol sebesar 3,37%. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) berbantuan media Gamtahan Docard berpengaruh positif terhadap minat belajar matematika.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Lilis Madyawati, M. Si. dan Galih Istiningsih, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajat Matematika, Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Gamtahan Docard |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 07:01 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 07:01 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3002 |
Actions (login required)
View Item |