PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian pada Siswa SD Negeri 1 Kowangan Temanggung)

Utami, Afriliya Diyah Nur (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian pada Siswa SD Negeri 1 Kowangan Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0083_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_AFRILIYA DIYAH NUR UTAMI.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0083_BAB IV_AFRILIYA DIYAH NUR UTAMI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0083_LAMPIRAN_AFRILIYA DIYAH NUR UTAMI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0083_FULLTEXT_AFRILIYA DIYAH NUR UTAMI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Quick On The Draw terhadap minat dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experimental (eksperimen murni) dengan model Pretest-Prottest Control Group Design. Populasi pada peneliian ini adalah kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Kowangan dengan jumlah sampel kelas III A 22 siswa dan kelas III B 22 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Probability Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah metode tes berisi pernyataan minat dan pretest-posttest. Uji Validitas instrumen ini menggunakan metode korelasi Product moment sedangkan uji Reliabilitas menggunakan cronbach alpha. Analisis data menggunakn teknik Independent sample T test dengan bantuan SPSS 23.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kooperatif tipe Quick On The Drawberpengaruh positif terhadap minat dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis Independent sample T test dengan perolehan thitung 6,291 > ttabel 2,056 untuk hasil belajar kognitif siswa dan thitung 2,631> ttabel 2,056 untuk minat belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis pembahasan diperoleh perbedaan untuk hasil belajar matematika sebesar 27 dan untuk minat belajar siswa sebesar 14. Dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Quick On The Drawberpengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa pada kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Kowangan Kabupaten Temanggung.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Sugiyadi, M.Pd,Konsdan Ari Suryawan, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Minat belajar, Hasil Belajar, Model Kooperatif tipe Quick On The Draw
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 17 Jan 2022 06:51
Last Modified: 17 Jan 2022 06:51
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3001

Actions (login required)

View Item View Item