PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri Kalinegoro 3 Magelang)

Prihardini, Irmadias (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri Kalinegoro 3 Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0077_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_IRMA DIAS PRIHARDINI.pdf - Published Version

Download (931kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0077_BAB IV_IRMA DIAS PRIHARDINI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0077_LAMPIRAN_IRMA DIAS PRIHARDINI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0077_FULLTEXT_IRMA DIAS PRIHARDINI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Word Square terhadap peningkatan hasil belajar IPA. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kalinegoro 3 terdiri dari dua kelas yaitu, kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Sampel yang diambil terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen terdiri dari 30 subjek yang diberi perlakuan dengan model Word Square, dan kelas kontrol terdiri dari 30 subjek yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes, dan observasi. Tes hasil belajar IPA ranah kognitif menggunakan tes pilihan ganda. Observasi menggunakan observasi ranah psikomotorik sebagai gambaran pelaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas, homogenitas, dan analisis akhir. Pada analisis akhir atau pengujian hipotesis penelitian menggunkan uji One-Way ANOVA. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Word Square berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar IPA kelas V SD Kalinegoro 3 dengan bukti perhitungan rata-rata pengukuran awal(pretest) sebesar 69,1 dan (posttest) sebesar 82,63. Nilai rata-rata hasil belajar IPA ranah psikomotorik pada kelas eksperimen pertemuan ke 1 sebesar 21,26, pertemuan 2 sebesar 22,36, pertemuan 3 sebesar 25,36, dan pertemuan 4 sebesar 29,46.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Tawil, M.Pd., Kons. dan Astuti Mahardika, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Word Square, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 17 Jan 2022 06:51
Last Modified: 17 Jan 2022 06:51
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2999

Actions (login required)

View Item View Item