PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MEDIA MAGIC BOX TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Sulistyowati, Sulistyowati (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MEDIA MAGIC BOX TERHADAP HASIL BELAJAR IPS. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0074_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_SULISTYOWATI.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0074_BAB IV_SULISTYOWATI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0074_LAMPIRAN_SULISTYOWATI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0074_FULLTEXT_SULISTYOWATI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif dengan media magic box terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri Beseran Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan desain One Group Pretest Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SD Negeri Beseran. Sampel yang digunakan berjumlah 21 siswa pada kelas V SD Negeri Beseran. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah total sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Analisis data menggunakan teknik statistik non parametrik yaitu uji Wilcoxon dengan bantuan SPSS 22.0 for windows. Hasil perhitungan menunjukkan adanya peningkatan rata –rata sebesar 11.00 dari pengukuran awal (pre test) dan tidak ada pengukuran akhir (post test) dengan jumlah rangking positif sebesar 231.00, selain itu dapat dilihat dari nilai signifikansi yang menunjukkan angka 0,000. Dikarenakan nilai signifikansi kurang dari 0,05 dengan tingkat signifikansi 5% (0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif dengan media magic box berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Rasidi, M.Pd. dan Drs. Arie Supriyatna, M.Si.
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif, media magic box, hasil belajar ilmu pengetahuan sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 17 Jan 2022 06:50
Last Modified: 17 Jan 2022 06:50
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2998

Actions (login required)

View Item View Item