Sari, Wahyu Puspita (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN KONTRUKTIVISTIK DENGAN MEDIA JEMURAN KABILA (JEMURAN KAOS BILANGAN) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas 2 di SD Negeri 2 Borokulon Banyuurip Purworejo). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
13.0305.0071_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (582kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
13.0305.0071_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (402kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0305.0071_lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13 0305 0071_FULLTEXT_WAHYU PUSPITASARI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini menerapkan secara langsung pembelajaran konstruktivistik dengan media jemuran kabila (Jemuran Kaos Bilangan) di kelas untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontruktivistik dengan media jemuran kabila (jemuran kaos bilangan) terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas 2 SD Negeri 2 Borokulon Kecamatan Banyuurip Kabupaten Purworejo. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen pada desain PraEksperimental Design, khususnya pola one group pretest posttest design. Penelitian ini terdiri atas 1 variabel bebas yaitu pembelajaran konstruktivistik dengan media Jemuran Kabila (X) dan 1 variabel terikat yaitu hasil belajar mata pelajaran matematika (Y). Pembelajaran konstruktivistik dengan media jemuran kabila ini diterapkan di kelas 2 SD Negeri 2 Borokulon yang jumlah 25 siswa dan keseluruhan siswa menjadi sampel. Dalam penelitian ini peneliti menggunggunakan teknik sampling jenuh, dimana keseluruhan siswa dijadikan sampel. Data penelitian yang dikumpulkan melalui observasi, tes dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan paired sampel t test dengan bantuan IBM SPSS Statistics 24 for windows. Hasil analisis One Sample T-test menunjukkan bahwa pembelajaran konstruktivistik dengan media Jemuran Kabila berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika siswa kelas 2 SD Negeri 2 Borokulon. Hal ini dibuktikan dangan nilai signifikan yang diperoleh yaitu 0,000. Berdasarkan hasil analisis, nilai signifikansi kurang dari 0,05 dan peningkatan skor rata-rata sebesar 23,76. Dilihat dari rata-rata pretest 59,68 dan rata-rata posttest 83,44 menunjukkan bahwa pembelajaran konstruktivistik dengan media Jemuran Kabila berpengaruh positif terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Arie Supriyatno, M.Si., dan Arif Wiyat Purnanto, M.Pd., |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Konstruktivistik Dengan Media Jemuran Kabila, Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 06:47 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 06:47 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2997 |
Actions (login required)
View Item |