PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA PAPAN PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD N Tuksongo 1 Borobudur Magelang)

Anggoro, Muhammad Ananto Tri (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA PAPAN PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD N Tuksongo 1 Borobudur Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0068_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_Muhammad Ananto Tri Anggoro.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0068_BAB IV_Muhammad Ananto Tri Anggoro.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0068_LAMPIRAN_Muhammad Ananto Tri Anggoro.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0068_FULLTEXT_Muhammad Ananto Tri Anggoro.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan media papan pintar terhadap hasil belajar IPA kelas IV SD N Tuksongo 1. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah non-equivalen control grup desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV A dan kelas IV B SD N Tuksongo 1. Teknik sampling yang digunakan adalah taknik sampling jenuh. Terdiri atas 24 siswa kelas eksperimen dan 24 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes(pretesposttest). Perbedaan pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan media papan pintar terhadap hasil belajar IPA dihitung dengan menggunakan metode independent sample t-testdengan bantuan program SPSS 21.0 for windows. Pengujian yang didapatkan nilai thitung sebesar 8,598 dengan ttabel sebesar 2.010 (thitung>ttabel) 0,00 yang berarti ada perbedaan antara nilai posttest dengan pretest kelas eksperimen dan kontrol. Sehingga dapat disimpulakn bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan media papan pintar berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna,M.Si dan Dhuta Sukmaharani, M.Si
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, hasil belajar IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 17 Jan 2022 06:46
Last Modified: 17 Jan 2022 06:46
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2996

Actions (login required)

View Item View Item