PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri Tuksongo 1 Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang)

Lestari, Iin Novi (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri Tuksongo 1 Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.005.0047_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_Iin Novi Lestari.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.005.0047_BAB IV_Iin Novi Lestari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.005.0047_LAMPIRAN_Iin Novi Lestari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.005.0047_FULLTEXT_Iin Novi Lestari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Tuksongo 1 Borobudur Kabupaten Magelang. Desain penelitian dengan Quasi Experiment Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sample yang digunakan yaitu sampling jenuh dengan dua variabel penelitian yaitu variabel terikat berupa hasil belajar matematika, serta variabel bebas berupa model pembelajaranThink Pair Share (TPS). Sample yang digunakan sebanyak 30 siswa terdiri dari 15 siswa kelompok eksperimen dan 15 siswa kelompok kontrol. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu tes. Pengujian hipotesis menggunakan independent sample t testdengan bantuan program SPSS 23.00 for Windows. Berdasarkan hasil uji independent sample t testdapat disimpulkan bahwa keadaan awal kedua kelompok setara berdasarkan uji pretest, kemudian terjadi perbedaan yang signifikan setelah dilakukannya perlakuan. Berdasarkan uji t test menggunakan posttest dapat nilai signifikan 0,004 (sig < 0,05) yang berarti ada perbedaan antara hasil belajar matematika kelas eksperimen dan kelas kontrol artinya bahwa model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd., dan Astuti mahardika, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 17 Jan 2022 06:45
Last Modified: 17 Jan 2022 06:45
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2995

Actions (login required)

View Item View Item