PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ( Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Pagergunung, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2017/2018 )

Mervitasari, Dah’un (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ( Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Pagergunung, Kecamatan Pringsurat, Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2017/2018 ). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0305.0037_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (482kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0037_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0037_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (985kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0305.0037_FULLTEXT_Dah’un Mervitasari.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Note Taking terhadap motivasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Pagergunung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen . Subjek Penelitian dipilih secara total sampling. Sampel yang diambil sebanyak 20 orang siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan . Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket motivasi belajar. Uji validitas instrumen angket motivasi belajar dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for Windows versi 22.00. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji Paired Sample T-Test dengan bantuan program SPSS for Windows versi 22.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Guided Note Taking berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Paired Simple T-Test pada kelompok eksperimen dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,000< 0.05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata angket motivasi belajar antara kelompok eksperimen sebesar 78,80 dan sebelum diberi model pembelajaran 70,35. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Guided Note Taking berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons. dan Astuti Mahardika M.Pd.
Uncontrolled Keywords: model guided note taking, motivasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 17 Jan 2022 06:45
Last Modified: 17 Jan 2022 06:45
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2994

Actions (login required)

View Item View Item