Suyanti, Suyanti (2018) KONSEP PENDIDIKAN PEREMPUAN PERSPEKTIF KIAI HAJI AHMAD DAHLAN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0050_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_Suyanti.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0050_BAB IV_Suyanti.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (529kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0401.0050_LAMPIRAN_Suyanti.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (568kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0401.0050_FULLTEXT_Suyanti.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Perempuan memiliki peran yang sangat besar, baik dalam lingkup keluarga hingga perubahan skala nasional. Kesuksesan mendidik anak perempuan merupakan kesuksesan yang bersifat multi-effect; efek yang berantai yang akan terus berkelanjutan. Dalam sejarah Indonesia, K.H. Ahmad Dahlan dikenal sebagai tokoh pembaharu pendidikan. Ia memperoleh gelar Pahlawan Nasional dimana salah satu dasar penetapannya adalah memelopori kebangkitan perempuan Indonesia untuk mengenyam pendidikan. Pemikiran-pemikiran yang terbuka dan revolusioner K.H. Ahmad Dahlan dapat dilihat dari berbagai usaha yang ia lakukan, khususnya dalam pemberdayaan kaum perempuan melalui pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan perempuan dalam perspektif K.H. Ahmad Dahlan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research), dimana peneliti menggunakan metode dokumentasi dalam pengumpulan data. Sedangkan dalam menganalisis datadatanya, peneliti menggunakan teknik analisis konten (Content Analysis) berupa data-data tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan perempuan dalam perspektif K.H. Ahmad Dahlan ada 5, yaitu: 1) kesetaraan dalam menuntut ilmu, 2). ajaran Islam sebagai landasan pelaksanaan pendidikan, 3) integrasi ilmu agama dan ilmu umum, 4) perpaduan antara ilmu dan amal, dan 5) pendidikan yang bersifat dinamis. Implementasi terhadap konsep pendidikan perempuan perspektif K.H. Ahamad Dahlan secara keseluruhan telah diterapkan oleh kaum perempuan Muhammadiyah. Dalam hal ini peran tersebut dipegang oleh ‘Aisyiyah dan Nasyiatul ‘Aisyiyah. Konsep-konsep tersebut terkemas dalam program-program dari masing-masing amal usaha yang bergerak dalam berbagai bidang yang dimiliki oleh kedua organisasi tersebut. Diantara bidang tersebut, yaitu: bidang pendidikan, bidang ekonomi, bidang kesehatan, bidang kesejahteraan sosial, dan bidang hukum dan HAM.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Suliswiyadi, M.Ag. dan Istania Widayati H., M.Pd.I. |
Uncontrolled Keywords: | Ahmad Dahlan, Pendidikan, Perempuan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 15 Nov 2021 04:07 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 06:42 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2990 |
Actions (login required)
View Item |