PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA SISWA DI SMA NEGERI 3 MAGELANG

Fatonah, Cholissatul (2018) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA SISWA DI SMA NEGERI 3 MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0014_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_Cholissatul Fatonah.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0014_BAB IV_Cholissatul Fatonah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0014_LAMPIRAN_Cholissatul Fatonah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0014_FULLTEXT_Cholissatul Fatonah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Beragama Siswa di SMA Negeri 3 Magelang. Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2018. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dilatar belakangi oleh pandangan peneliti berkaitan dengan munculnya sikap toleransi beragama yang baik pada siswa di SMA Negeri 3 Magelang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam untuk menumbuhkan sikap toleransi beragama siswa, untuk mengetahui hasil dari peran guru Pendidikan Agama Islam untuk menumbuhkan sikap toleransi beragama siswa dan untuk mengetahui hambatan dan solusi dalam menumbuhkan sikap toleransi beragama siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dilanjutkan dengan kesimpulan (conclusion drawing/verification). Hasil penelitians ini, menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan sikap toleransi beragama siswa di SMA Negeri 3 Magelang diantaranya guru berperan sebagai motivator, informator, organisator, pembimbing, demostrator, fasilitator dan inspirator. Hasil dari peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan sikap toleransi beragama siswa memiliki sikap toleransi yang baik, mereka saling membaur, tolong menolong, bekerjasama, menghargai keyakinan orang lain yang berbeda agama. Dalam menumbuhkan sikap toleransi beragama di SMA Negeri 3 Magelang terdapat beberapa hambatan diantaranya kekurangan ruangan untuk kegiatan keagaamaan, adanya perasaan-perasaan yang takut mengganggu dan siswa yang belum bisa beradaptasi karena merasa minoritas ketika awal-awal masuk di SMA Negeri 3 Magelang. Serta solusi yang dilakukan diantaranya adanya kerjasama yang baik antara komite sekolah dan semua guru, adanya peranan yang baik dari semua guru di sekolah, mengikutsertakan semua siswa kedalam semua kegiatan-kegiatan dan perayaan hari besar keagamaan dan keharusan adanya ijin dari guru Pendidikan Agama Islam bagi pemateri keagamaan dari luar SMA Negeri 3 Magelang, sekolah menerapkan 3S (senyum, sapa dan salam) dan segera mencari jalan keluar setiap menjumpai permasalahan.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Imam Mawardi, M.Ag. dan M. Tohirin, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: peran guru Pendidikan Agama Islam, toleransi beragama siswa.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 29 Oct 2021 08:26
Last Modified: 29 Oct 2021 08:26
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2982

Actions (login required)

View Item View Item