PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI HIDUP BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB. C RINDANG KASIH

Lubis, Wanda Anggriawan (2018) PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI HIDUP BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB. C RINDANG KASIH. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0013_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_Wanda Anggriawan Lubis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0013_BAB IV_Wanda Anggriawan Lubis.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0013_LAMPIRAN_Wanda Anggriawan Lubis.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (816kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0013_FULLTEXT_Wanda Anggriawan Lubis.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan Pendidikan Karakter Religius Guna Meningkatkan Motivasi Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB. C Rindang Kasih. Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadyah Magelang. 2018. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dilatar belakangi pandangan peneliti dengan munculnya kesenjangan sosial terhadap anak berkebutuhan khusus yang sering kali dianggap sebelah mata oleh masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan karakter religius guna meningkatkan motivasi hidup anak berkebutuhan khusus melalui pembiasaan shalat berjamaah yang dilaksanakan di lingkungan lembaga pendidikan SLB. C Rindang Kasih Secang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data (Data Reduction), penyajian data (Data Display), dan dilanjutkan dengan kesimpulan (Conclusing Drawing/Verification). Hasil penelitian ini, menunjukan bahwa pembiasaan shalat berjamaah yang dilakukan oleh guru dan pengasuh dalam mengembangkan pendidikan karakter religius guna meningkatkan motivasi hidup di SLB. C Rindang Kasih membuahkan hasil yang positif. selain berperan sebagai orang tua di lembaga pendidikan tersebut guru dan pengasuh juga berperan sebagai motivator, informan, pembimbing, fasilitator, demonstrator, dan inspirator. Hasil dari pembiasaan shalat berjamaah yaitu persepsi guru tentang pembiasaan shalat berjamaah merupakan salah satu sumber dan cara untuk melandasi ahklak siswa dalam terbentuknya landasan karakter yang kuat sehingga memperkokoh iman dan moral anak berkebutuhan khusus di masa yang akan datang. Persepsi pengasuh dan pengurus yayasan dalam mendukung pelaksanaan tersebut dengan memberikan bimbingan yang signifikan serta sarana dan fasilitas yang mendukung kegiatan tersebut sehingga terjalin komunikasi yang baik antara guru dengan pengasuh, pengasuh dengan orang tua dan pengasuh dengan anak asuh atau siswa. Harapannya pembiasaan tersebut bisa terlaksana bukan hanya di lingkungan sekolah namun juga di rumah ketika anak tersebut telah menyelesaikan studinya.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Imam Mawardi, M.Ag dan M. Tohirin M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Karakter Religius, Motivasi Hidup, Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 29 Oct 2021 08:25
Last Modified: 29 Oct 2021 08:25
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2981

Actions (login required)

View Item View Item