Rhisnawati, Hidayatul (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BEHAVIORISTIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN PERILAKU SISWA DI SD NEGERI KETANGI KALIANGKRIK. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0009_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_Hidayatul Rhisnawati.pdf - Published Version Download (854kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0009_BAB IV_Hidayatul Rhisnawati.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (424kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0401.0009_LAMPIRAN_Hidayatul Rhisnawati.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0401.0009_FULLTEXT_Hidayatul Rhisnawati.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pengaruh Strategi Pembelajaran Behavioristik Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Perilaku Siswa Di SD Negeri Ketangi Kaliangkrik. Skripsi. Magelang : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh strategi pembelajaran behavioristik Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan perilaku siswa SD Negeri Ketangi Kaliangkrik. Strategi pembelajaran behavioristik Pendidikan Agama Islam digunakan pada kelas V dalam tiga minggu yang terdiri dari enam kali pertemuan, yaitu dua kali pertemuan dalam setiap minggunya. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas lima berjumlah 11 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pengambilan nilai sikap siswa yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh strategi pembelajaran behavioristik Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan perilaku siswa. Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan statistic. Untuk mengetahui sajauh mana pengaruh strategi pembelajaran behavioristik Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan perilaku siswa menggunakan bantuan computer program SPSS for windows versi 20.00. Hasil penelitian menunjukkan nilai sikap terendah siswa sebelum diterapkan strategi pembelajaran behavioristik 66, nilai tertinggi 77, dengan ratarata 72 dengan jumlah siswa dibawah nilai KKM 6 siswa. Sedangkan nilai sikap terendah siswa setelah menggunakan strategi pebelajaran behavioristik 73, nilai tertinggi 92, dengan rata-rata 84 dengan jumlah siswa dibawah KKM 1 siswa. Hasil uji t menunjukkan angka signifikan 0,000 berarti lebih kecil dari 0,05, maka hipotesis nihil yang menyatakan bahwa tidak ada pengaruh strategi pembelajaran behavioristik Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan perilaku siswa di SD Negeri Ketangi Kaliangkrik ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan strategi pembelajaran behavioristik Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan perilaku siswa di SD Negeri Ketangi Kaliangkrik.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imron, MA dan Afga Sidiq Rifai, M. Pd. I |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 29 Oct 2021 08:16 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 08:16 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2980 |
Actions (login required)
View Item |