UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MELALUI METODE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) SISWA KELAS V SD NEGERI CANDISARI

Asrifah, Asrifah (2018) UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MELALUI METODE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) SISWA KELAS V SD NEGERI CANDISARI. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0001_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFFTAR PUSTAKA_Asrifah.pdf - Published Version

Download (592kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0001_BAB IV_Asrifah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0001_LAMPIRAN_Asrifah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0001_FULLTEXT_Asrifah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Metode NHT (Number Head Together) Siswa Kelas V SD Negeri Candisari. Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe number head together (NHT) dalam pembelajaran materi khalifah Abu Bakar Ash Sidiq dan Umar Bin Khattab di kelas V SD Negri Candisari tahun 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan model pembelajaran koopertaif tipe number head together (NHT) yaitu kelas V SD Negri Candisari yang jumlahnya ada 16 peseta didik. Pada saat dilaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, suasana pembelajaran di kelas V menjadi lebih hidup, peserta didik menjadi lebih aktif dan semangat dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap, tahap pertama adalah kegiatan pra siklus, yaitu mencari data hasil belajar sebelum menggunakan metode NHT. Tahap kedua adalah pelaksanaan Siklus I dan II.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model NHT dapat meningkatkan hasil belajar pada Sjarah Kebudayaan Islam. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus I yaitu 71,12 (44%) menjadi 78,31 (69%). Sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 83,37 (83%) dan berada pada kriteria baik. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model NHT dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada materi Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas V SD Negri Candisari Margoagung Pucang Secang Magelang tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr Suliswiyadi,M,Ag. Dan Istania Widayati, M.Pd.I.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 29 Oct 2021 07:26
Last Modified: 29 Oct 2021 07:26
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2978

Actions (login required)

View Item View Item