Muntasyiroh, Roichatul (2018) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MELALUI METODE JIGSAW (STUDI KASUS DI KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH BANDONGAN KABUPATEN MAGELANG). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
13.0401.0120_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_Roichatul Muntasyiroh.pdf - Published Version Download (634kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
13.0401.0120_BAB IV_Roichatul Muntasyiroh.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (466kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0401.0120_LAMPIRAN_Roichatul Muntasyiroh.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0401.0120_FULLTEXT_Roichatul Muntasyiroh.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Peningkatan Prestasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Metode Jigsaw (Studi Kasus Kelas VIII C SMP Muhammadiyah Bandongan). Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang 2018. Latar belakang dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang kurang variatif. Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah Bandongan; 2. Untuk mengetahui penerapan metode jigsaw dalam peningkatan prestasi belajar pada siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah Bandongan; 3. Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah Bandongan setelah menggunakan metode jigsaw. Metodologi penelitian dalam skripsi ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah Bandongan berjumlah 30 anak. Pengumpulan data menggunakan dokumen tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan beberapa siklus. Pembelajaran dengan menggunakan metode jigsaw, terdapat peningkatan prestasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam. Hal ini dibuktikan bahwa prestasi siswa pada saat sebelum pelaksanaan siklus ketuntasan siswa dengan nilai rata-rata 68.3 pada siklus I prestasi siswa meningkat dengan rata-rata 77.26 sedangkan pada siklus II prestasi siswa meningkat dengan rata-rata 81.46.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Nurodin Usman, Lc., MA dan Istania Widayati, S.Pd.I., M.Pd.I. |
Uncontrolled Keywords: | Jigsaw, Penelitian, Peningkatan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 29 Oct 2021 07:16 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 07:16 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2975 |
Actions (login required)
View Item |