Sustiyati, Eni (2018) Peningkatan Kualitas Pembelajaran PAI Melalui Model Visual Auditory Kinesthetic Berbantu Media Powerpoint. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
13.0401.0118_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFFTAR PUSTAKA_Eni Sustiyati.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
13.0401.0118_BAB IV_Eni Sustiyati.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (515kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0401.0118_LAMPIRAN_Eni Sustiyati.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (28MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0401.0118_FULLTEXT_Eni Sustiyati.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Peningkatan Kualitas Pembelajaran PAI melalui Model Visual Auditory Kinesthetic berbantu Media PowerPoint (Studi di Siswa Kelas IID SDIT Ihsanul Fikri Kota Magelang). Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2017. Penelitian ini bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan berpikir kritis, rasional, dan kreatif. Berdasarkan hasil observasi di kelas II SDIT Ihsanul Fikri Kota Magelang, ditemukan permasalahan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) diantaranya guru belum menggunakan media inovatif yang menarik minat siswa, aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran masih rendah dan hasil belajar dibawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diterapkan model Visual Auditory Kinesthetic (VAK) berbantu media PowerPoint. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI melalui model VAK berbantu media PowerPoint. Penelitian berlangsung dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Tahapan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan 31 siswa kelas IID SDIT Ihsanul Fikri Kota Magelang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi dan deskriptif kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes pada akhir pertemuan. Dari hasil penelitian dapat diketahui: 1) keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 18 dengan kriteria baik, pada siklus II memperoleh skor 23 dengan kriteria baik, dan pada siklus III memperoleh skor 31 dengan kriteria sangat baik, 2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 20,3 dengan kriteria baik, pada siklus II memperoleh skor 22,5 dengan kriteria baik, dan pada sikus III memperoleh skor 26,66 dengan kriteria sangat baik, 3) hasil belajar siswa pada siklus I mengalami ketuntasan klasikal sebesar 74,19 %, meningkat pada siklus II menjadi 83,87%, kemudian meningkat kembali pada siklus III menjadi 93,55%. Simpulan penelitian dengan penerapan model VAK dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PAI. Disarankan agar guru dapat memilih model sesuai materi yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dan media inovatif yang mampu menarik minat siswa untuk belajar misalnya dengan model VAK berbantu PowerPoint agar ketertarikan dan keaktifan siswa dalam belajar lebih meningkat.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imam Mawardi, M.Ag. dan M Tohirin, S.Ag., M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pembelajaran, VAK, Powerpoint |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 29 Oct 2021 07:15 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 07:15 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2974 |
Actions (login required)
View Item |