PENERAPAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU TAJWID PADA SISWA SDIT AT-TAQWA GRABAG MAGELANG

Qomar, Al (2018) PENERAPAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU TAJWID PADA SISWA SDIT AT-TAQWA GRABAG MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0401.0106_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_Al Qomar.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0106_BAB Iv_Al Qomar.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0106_FULLTEXT_Al Qomar.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penerapan Metode Ummi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Tajwid Pada Siswa SDIT At-Taqwa Grabag Magelang. Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2017. Metode Ummi adalah suatu metode yang digunakan untuk mempermudah membaca Al-Qur’an terutama untuk masa usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran metode ummi mampu meningkatkan prestasi belajar ilmu tajwid pada siswa SDIT At-Taqwa Grabag Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Populasinya adalah seluruh siswa SDIT At-Taqwa Grabag Magelang yang berjumlah 225 siswa. Sampelnya adalah siswa kelas V SDIT At-Taqwa Grabag Magelang yang berjumlah 28 siswa. Pengolahan data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan rumus statistik presentase perubahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan nilai rata-rata setelah diterapkan metode ummi adalah 30,45% dan peningkatan siswa yang memperoleh nilai KKM mencapai 216%. Artinya terbukti bahwa metode ummi efektif dalam meningkatkan prestasi belajar ilmu tajwid pada siswa kelas V SDIT AT-Taqwa Grabag. Hal ini berarti hipotesis yang menyatakan metode ummi efektif dalam meningkatkan prestasi belajar ilmu tajwidpada siswa kelas V SDIT AT-Taqwa Grabag Magelang diterima. Dimana siswa menjadi lebih bersemangat dalam belajar, tidak merasa bosan, dan juga dapat menangkap informasi atau pelajaran lebih cepat, sehingga siswa menjadi lebih mudah dalam memperlajari ilmu tajwid.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Muis Sad Iman, S.Ag., M.Ag. dan Ahwy Oktradiksa, S.Pd.I, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: metode ummi, prestasi belajar, ilmu tajwid
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 29 Oct 2021 06:45
Last Modified: 29 Oct 2021 06:45
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2966

Actions (login required)

View Item View Item