Solikin, Solikin (2018) IMPLEMENTASI METODE DRILL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR`AN SISWA SD NEGERI PESIDI. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
13.0401.0102_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_SOLIKIN.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
13.0401.0102_BAB IV_SOLIKIN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (401kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0401.0102_FULLTEXT_SOLIKIN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Keberhasilan proses belajar mengajar di dalam kelas sangat ditentukan oleh strategi pembelajaran, bagaimanapun lengkap dan jelasnya komponen lain, tanpa diimplementasikan melalui strategi yang tepat, maka komponen-komponen tersebut tidak akan memiliki makna dalam proses pencapaian tujuan. Oleh karena itu setiap akan mengajar guru diharuskan untuk menerapkan strategi atau metode tertentu dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan diterapkannya model pembelajaran? (b) Bagaimanakah pengaruh model pembelajaran metode Drill terhadap motivasi belajar siswa? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir, (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran dengan metode drill. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Pesidi. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I sampai siklus III yaitu, pra siklus tuntas (17 %), siklus I tuntas (33 %), siklus II tuntas (53 %), siklus III tuntas (90%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode Drill dapat berpengaruh positif dan meningkat terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Pesidi, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PAI
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Bapak Dr. Imron, S.Ag, M.A. dan Bapak M. Tohirin S.Ag, M.Ag. |
Uncontrolled Keywords: | belajar pai, drill |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 29 Oct 2021 06:44 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 06:44 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2965 |
Actions (login required)
View Item |