AHMADAH, ZUNAIBA (2018) PENERAPAN NILAI-NILAI AKHLAK DALAM KITAB TA’LIM MUTA’ALIM DI SD TERPADU MA’ARIF GUNUNGPRING MUNTILAN MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
13.0401.0098_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_ZUNAIBA AHMADAH.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
13.0401.0098_BAB IV_ZUNAIBA AHMADAH.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (388kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0401.0098_LAMPIRAN_ZUNAIBA AHMADAH.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0401.0098_FULLTEXT_ZUNAIBA AHMADAH.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penerapan Nilai-Nilai Akhlak Dalam Kitab Ta‟lim Muta`allim Di SD Terpadu Ma‟arif Gunungpring Muntilan Magelang. Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhamadiyah Magelang. Penelitian ini di latar belakangi oleh pengalaman pribadi serta melihat fenomena di era sekarang. Banyak orang yang tidak mencerminkan dirinya sebagai manusia yang berakhlak baik. Banyak anak yang tidak hormat kepada orangtuanya. Banyak murid yang tidak hormat dan santun kepada gurunya. Hal ini membuktikan bahwa merosotnya nilai akhlak yang dimiliki oleh bangsa kita. Bangsa yang sudah tidak megenal lagi apa itu akhlak. Terutama dalam dunia pendidikan, akhlak kesantunan terhadap guru sudah tidak dihiraukan. Dengan demikian diperlukan kajian tentang nilai- nilai akhlak yang baik atau akhlak yang santun. Dalam hal ini, peneliti tertarik terhadap sebuah kitab yang bernama Ta‟lim Muta‟allim. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Nilai-nilai apa sajakah yang diambil dalam kitab ta‟lim muta‟alim, 2) Bagaimana penerapan pembelajaran kitab ta‟lim muta‟alim di SD Terpadu Ma‟arif Gunungpring, 3) Kenapa kitab Ta‟lim Muta‟alim perlu di terapkan di SD Terpadu ma‟arif Gunungpring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kualitaif. Sedangkan teknik yang digunakan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di SD Terpadu Ma‟arif, maka peneliti menyimpulkan hasil penelitian sebagai berikut: 1) Penerapan Nilai-Nilai Akhlak dalam kitab Ta‟lim Muta‟allim, diantaranya: a) Hendaknya seorang murid tidak berjalan di depan seorang guru, b) Tidak duduk di tempatnya, kecuali ada ijinnya, c) Tidak memulai bicara padanya kecuali dengan ijinnya, d) Hendaknya tidak berbicara di depan guru e) Tidak bertanya sesuatu bila guru sedang capek atau bosan, f) Harus menjaga waktu, g) Jangan mengetuk pintunya, tapi sebaliknya menunggu sampai beliau keluar. 1)Tujuan penerapan nilai-nilai akhlak kesantunan dalam kitab Ta‟lim Muta‟allim di SD Terpadu Ma‟arif ini yaitu agar para murid atau siswa menjadi pribadi yang berakhlakul karimah. Proses pembelajarannya menggunakan metode privat dan klasikal.3) Hasil penerapannya, berdasarkan hasil pengamatan peneliti, akhlak para Siswa di SD terpadu ini secara umum sudah mencerminkan akhlak-akhlak kesantunan dari murid terhadap guru. Rekomendasi dari hasil penelitian ini, seorang guru harus menjadi pendidik dan pembimbing yang baik, sedangkan seorang murid harus hormat dan santun terhadap gurunya. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti lebih lanjut nilai-nilai akhlak lain yang terkandung di dalam kitab Ta‟lim Muta‟allim dan juga penerapannya di lapangan.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Bapak Dr. Imam Mawardi, M.Ag dan Bapak M.Tohirin, M.Ag |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 29 Oct 2021 06:37 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 06:37 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2963 |
Actions (login required)
View Item |