NURLAELA, NURLAELA (2018) PROGRAM PENGEMBANGAN BACA AL QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN METODE UMMI DI SD IT AT TAQWA GRABAG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
13.0401.0097_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_NURLAELA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
13.0401.0097_BAB IV_NURLAELA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (491kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0401.0097_LAMPIRAN_NURLAELA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0401.0097_FULLTEXT_NURLAELA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Program Pengembangan Baca Al Qur’an dengan Menggunakan Metode UMMI di SD IT AT TAQWA Grabag. Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Magelang 2017. Metode UMMI merupakan metode yang mengenalkan cara membaca Al Qur’an dengan tartil. Dalam proses pembelajarannya menggunakan pendekatan bahasa Ibu yang pada hakekatnya mengandung 3 unsur: Direct Methode (Metode langsung), Repeatition (diulang-ulang) dan kasih sayang yang tulus. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Al Qur’an menggunakan Metode UMMI, (2) Mendeskripsikan proses pembelajaran Al Qur’an menggunakan Metode UMMI, dan (3) Mengetahui hasil pembelajaran Al Qur’an siswa-siswi SD IT AT TAQWA Grabag menggunakan Metode UMMI. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD IT AT TAQWA Grabag yang berjumlah 259 siswa. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 59 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran baca Al Qur’an di SD IT AT TAQWA Grabag menggunakan Metode UMMI ada tiga. Yang pertama yaitu, membuat silabus pembelajaran Metode UMMI. Yang kedua membuat jadwal pembelajaran dan yang ketiga melakukan prosedur pengelompokan siswa berdasarkan kemampuan dasar baca huruf Al Qur’an. Proses pembelajaran Al Qur’an dengan menggunakan Metode UMMI dilakukan melalui 7 tahapan pembelajaran. Hasil yang diperoleh adalah kemampuan membaca Al Qur’an siswa SD IT AT TAQWA Grabag selama menggunakan Metode UMMI mengalami kemajuan yang pesat.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Bapak Dr. Imam Mawardi, M.Ag. dan Bapak M. Tohirin, S.Ag., M.Ag., |
Uncontrolled Keywords: | Al Qur’an, Pembelajaran Al Qur’an, Metode UMMI |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 29 Oct 2021 06:33 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 06:33 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2962 |
Actions (login required)
View Item |