PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PELAJARAN ALQURAN MELALUI METODE PUZZLE DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH SALAM

Nurohman, Nurohman (2018) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PELAJARAN ALQURAN MELALUI METODE PUZZLE DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH SALAM. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0401.0096_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_Nurohman.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0096_BAB IV_Nurohman.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (993kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0096_LAMPIRAN_Nurohman.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0096_FULLTEXT_Nurohman.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan Prestasi Belajar Pelajaran Alquran Melalui Metode Puzzle Di Kelas VII SMP Muhammadiyah Salam. Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2017 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar mata pelajaran Alquran peserta didik ada kelas VII SMP Muhammadiyah Salam sebelum dan sesudah penerapan metode puzzle dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian langsung yang dilakukan pada waktu proses pembelajaran berlangsung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Salam pada tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pre-test dan post-test. Analisa data menggunakan analisis kuantitatif berdasarkan nilai rata-rata kelas siklus 1, siklus 2, dan siklus 3. Analisis peningkatan prestasi belajar setelah melakukan penelitian tiga siklus menggunakan uji-t. Analisis data di atas menghasilkan nilai t-hitung sebesar 14,299 dengan db= 35 yang kemudian dikonsultasikan dengan nilai t-tabel pada taraf signifikansi 5 % sebesar 2,045 dan taraf signifikansi 1% sebesar 2,72. Dengan demikian penggunaan media puzzle dalam pembelajaran mata pelajaran Alquran pada kelas VII SMP Muhammadiyah Salam lebih efektif daripada pembelajaran menggunakan metode pembelajaran sebelumnya. Pembelajaran dengan menerapkan metode puzzle menunjukkan hasil belajar rata-rata 79,57 sedangkan sebelum menggunakan menggunakan media puzzle memperoleh rata-rata nilai 59,00.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Imam Mawardi, M.Ag., dan M. Tohirin, M. Ag.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 29 Oct 2021 06:31
Last Modified: 29 Oct 2021 06:31
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2961

Actions (login required)

View Item View Item