PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PAI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI SD MUHAMMADIYAH SIROJUDDIN MUNGKID

Khanifah, Umi (2018) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PAI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI SD MUHAMMADIYAH SIROJUDDIN MUNGKID. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0401.0094_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V-DAFTAR PUSTAKA_Umi Khanifah.pdf - Published Version

Download (672kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0094_BAB IV_Umi Khanifah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0094_LAMPIRAN_Umi Khanifah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0094_FULLTEXT_Umi Khanifah.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (793kB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan Prestasi Belajar PAI Melalui Media Audio Visual di SD Muhammadiyah Sirojuddin Mungkid. Skripsi. Magelang Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran PAI kelas IV dalam materi kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail A.s dengan menggunakan media audio visual di SD Muhammadiyah Sirojuddin Mungkid, mengetahui hasil belajar PAI sebelum dan sesudah menggunakan media audio visual di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan media audio visual. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah Sirojuddin Mungkid, sebanyak 31 siswa. Penalitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu dengan cara memutar film kisah Nabi Ibrahim A.s dan Nabi Ismail melalui Liquid cristal Display (LCD) kemudian siswa mengamati film tersebut dan menceritakan kembali. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum menggunakan dan sesudah menggunakan media audio visual. Sebelum menggunakan media audio visual rata-rata kelas mencapai 68,77, pada siklus 1 meningkat menjadi 78,51 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 87,19. Sedangkan prosentase ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 45, 16 %, kemudian menjadi 70,96% pada siklus 1, 100 %, pada siklus II. Prosentase perubahan atau peningkatan nilai dari pra tindakan sampai dilakukan tindakan mencapai 54,84 %.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Muis Sad Imam, M.Ag dan Ahwy Oktradiksa, M.Pd.I,
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 29 Oct 2021 04:28
Last Modified: 29 Oct 2021 04:28
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2959

Actions (login required)

View Item View Item