Indah, Mus Nur (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS HURUF AL QURAN DENGAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK BERBASIS PERMAINAN (STUDI KASUS DI SDIT ALAM AL HIKMAH SECANG). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
13.0401.0091_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_MUS NUR INDAH.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
13.0401.0091_BAB IV_MUS NUR INDAH.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0401.0091_LAMPIRAN_MUS NUR INDAH.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0401.0091_FULLTEXT_MUS NUR INDAH.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Huruf Al Qur‟an dengan Metode Struktural Analitik Sintetik Berbasis Permainan SDIT Alam Al Hikmah Secang. Skripsi Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode Struktural Analitik Sintetik berbasis permainan dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis huruf Al Qur‟an siswa kelas III SDIT Alam Al Hikmah Secang. Subyek penelitian ini adalah siswa SDIT Alam Al Hikmah Secang yang berjumlah 146 siswa. Adapun sampel penelitian ini adalah kelas III berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 14 laki laki dan 6 perempuan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yakni dengan melakukan tindakan berupa penggunakan metode Struktural Analitik Sintetik berbasis permainan dalam proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilakukan dengan 3 siklus yang diawali dengan melakukan pre test guna mengetahui hasil kemampuan membaca dan menulis huruf Al Qur‟an sebelum menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik. Pelaksanaan metode Struktural Analitik Sintetik berjalan dengan baik dan sesuai prosedur. Hal ini nampak pada langkah langkah pelaksanaannya, yaitu dimana guru memberikan contoh membaca dan menulis huruf Al Qur‟an dengan cara mengurai ayat ayat Al Qur‟an tiap kata dan huruf. Setelah itu siswa aktif saat kegiatan belajar di kelas. Selain itu 4 tahap tiap tiap siklus pun berjalan dengan baik, yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi. Adapun teknik mengumpulkan data yang digunakan adalah tes, observasi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode presentase. Dari hasil analisis didapatkan bahwa kemampuan membaca dan menulis huruf Al Qur‟an siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III. Hal ini dilihat dari nilai rata rata siswa siklus 1 (69) sedangkan siklus II (76) dan siklus III (85). Peningkatan juga nampak dari presentase siswa yang mendapatkan nilai KKM, pada siklus I yang memperoleh KKM 70%, pada siklus II mencapai 85% dan siklus III mencapai 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode Struktural Analitik Sintetik berbasis permainan dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis huruf Al Qur‟an siswa kelas III SDIT Alam Al Hikmah Secang tahun ajaran 2016/2017.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Mujahidun, M.Pd dan Eko Kurniasih Pratiwi, S.E.I, M.S.I |
Uncontrolled Keywords: | Membaca dan menulis huruf Al Qur‟an, metode Struktural Analitik Sintetik, berbasis permainan. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 29 Oct 2021 04:24 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 04:24 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2956 |
Actions (login required)
View Item |