RO’ANI, UMMI (2018) IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN IBADAH SHALAT PADA SISWA SD MUHAMMADIYAH DONOREJO SECANG MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
13.0401.0089_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_UMMI RO’ANI.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
13.0401.0089_BAB IV_UMMI RO’ANI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (316kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0401.0089_LAMPIRAN_UMMI RO’ANI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0401.0089_FULLTEXT_UMMI RO’ANI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Implementasi Metode Demonstrasi Partisipatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Melaksanakan Ibadah Shalat Pada Siswa Sd Muhammadiyah Donorejo Secang Magelang. Skripsi. Magelang : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2017. Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam melaksanakan ibadah shalat dengan menggunakan metode demonstrasi partisipatif pada siswa kelas III SD Muhammadiyah Donorejo Secang Magelang. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah apakah implementasi metode demonstrasi partisipatif dapat meningkatkan kemampuan melaksanakan ibadah shalat pada siswa SD Muhammadiyah Donorejo Secang Magelang Tahun 2017?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kemampuan shalat siswa. Adapun langkah-langkah dalam peneltian tindakan kelas ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan shalat siswa kelas III SD Muhammadiyah Donorejo Secang dengan menggunakan metode demonstrasi partisipatif meningkat. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan mulai dari pra siklus yang ditunjukan dengan siswa yang benar semua bacaan dan gerakan shalatnya baru 5 siswa, salah sebagian bacaan dan gerakannya 6 siswa dan salah semua bacaan dan gerakannya 10 siswa dengan ketuntasan baru mencapai 52.38%. Pada siklus I siswa yang benar semua bacaaan dan gerakannya mencapai 10 siswa, salah sebagian bacaan dan gerakannya 6 siswa, dan salah semua bacaan dan gerakan shalatnya ada 5 siswa, ketuntasan baru mencapai 76,2 %. Untuk siklus II siswa yang benar semua bacaan dan gerakan shalatnya ada 15 siswa, sedangkan yang salah sebagian bacaan dan gerakan shalatnya ada 6 siswa, sementara yang salah semua bacaan dan gerakan shalatnya 0 (tidak ada). Ketuntasan belajar mencapai 100%. Berdasarkan persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi partisipatif dapat meningkatkan kemampuan melaksanakan ibadah shalat pada siswa di SD Muhammadiyah Donorejo Secang Magelang.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Mujahidun, M.Pd dan Nashitotul Jannah, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Metode Demonstrasi, Pembelajaran Partisipatif, shalat |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 29 Oct 2021 04:19 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 04:19 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2949 |
Actions (login required)
View Item |