PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PROGRAM IBADAH SHALAT WAJIB DI SD ISLAM AL-IMAN KOTA MAGELANG

Sunarti, Sunarti (2018) PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PROGRAM IBADAH SHALAT WAJIB DI SD ISLAM AL-IMAN KOTA MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0401.0086_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_SUNARTI.pdf - Published Version

Download (935kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0086_BAB IV_SUNARTI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0086_LAMPIRAN_SUNARTI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0086_FULLTEXT_SUNARTI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Program Ibadah Shalat Wajib di SD Islam Al-Iman Kota Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilatar belakangi oleh munculnya persoalan-persoalan yang muncul pada diri peserta didik dalam melaksanakan ibadah shalat wajib. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui motivasi siswa dalam melaksanakan ibadah shalat wajib di SD Islam Al-Iman Kota Magelang, untuk mengetahui peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi siswa dalam melaksanakan ibadah shalat wajib di SD Islam Al-Iman Kota Magelang, untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi ibadah shalat wajib di SD Islam Al-Iman Kota Magelang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.Analisis data dalam penelitian ini dengan pengambilan data-data riil tentang peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi ibadah shalat wajib di SD Islam Al-Iman Magelang. Dari hasil penelitian ini menunjukan ada beberapa langkah yang dilakukan para guru PAI yang berkaitan dengan peranya dalam meningkatkan motivasi ibadah shalat wajib siswa SD Islam Al-Iman Kota Magelang yaitu dengan cara memberikan penilaian, memberikan contoh dan praktek langsung, bimbingan dan dorongan langsung pada siswa. Selain itu juga kerjasama antar guru. Adapun faktor pendukungnya adalah faktor internal guru yang dengan semangat member motivasi, membimbing dan mengajak siswa dalam melaksanakan shalat wajib, faktor siswa yang mudah diajak dan dibimbing. Adapun faktor penghambat adalah selain faktor orang tua yang mayoritas tidak pernah melaksanakan shalat wajib, juga faktor siswa yang masih kurang sadar dengan kewajibanya dan yang terakhir adalah faktor musolla yang kurang memadai

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs.Mujahidun,M.Pd dan Nasitotul Janah, M.S.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 29 Oct 2021 04:13
Last Modified: 29 Oct 2021 04:13
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2946

Actions (login required)

View Item View Item