PENINGKATAN KEMAMPUAN PRAKTIK IBADAH SHOLAT FARDHU MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA PESERTA DIDIK KELAS I SD IT AT-TAQWA GRABAG, MAGELANG

Setianingsih, Eko (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PRAKTIK IBADAH SHOLAT FARDHU MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA PESERTA DIDIK KELAS I SD IT AT-TAQWA GRABAG, MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13. 0401. 0084 _BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_Eko Setianingsih.pdf - Published Version

Download (896kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13. 0401. 0084 _BAB IV_Eko Setianingsih.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (742kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13. 0401. 0084 _LAMPIRAN_Eko Setianingsih.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13. 0401. 0084 _FULLTEXT_Eko Setianingsih.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan Kemampuan Praktik Ibadah Sholat Fardhu Melalui Metode Demonstrasi Pada Peserta Didik Kelas I SD IT At-Taqwa Grabag Magelang. Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2018. Kemampuan praktik ibadah sholat fardhu kelas I belum bisa maksimal baik bacaan dan gerakan dalam sholat sesuai dengan tuntunan sholat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Pembelajaran sholat di kelas I diajarkan sesuai dengan pendidikan anak usia Tamyiz yaitu usia 7 tahun dimulai untuk dilatih sholat sesuai dengan tuntunan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui ketrampilan sholat di kelas I SD IT At-Taqwa Grabag, 2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran sholat dengan metode demonstrasi di kelas I SD IT At-Taqwa Grabag, 3) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan ibadah sholat fardhu siswa setelah menggunakan metode demonstrasi. Jumlah siswa kelas I SD IT At-Taqwa Grabag Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2016/2017 adalah 26 siswa, dan untuk keperluan penelitian ini diambil seluruh siswa sebagai subjek penelitian, serta guru dan karyawan sebagai sumber informasi sekunder. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, metode pengumpulan data dengan menggunakan metode tes. Teknik analisis data dengan menggunakan metode prosentase, dan membandingkan hasil pra siklus, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan praktik sholat fardhu siswa kelas I SD IT At-Taqwa Grabag, Magelang mengalami peningkatan. Pada prasiklus dari 26 peserta didik yang mengikuti ujian praktik sholat terdapat 4 anak yakni 15,39% yang belum tuntas dari KKM yang ditetapkan yaitu 75, dan yang tuntas ada 22 siswa yaitu 84,61% dengan nilai rata-rata 7,45. Pada siklus 1 meningkat menjadi 92,3% yakni ada 24 siswa sedangkan yang belum tuntas ada 2 siswa yakni 7,7% dengan nilai rata-rata 84,24. Pada akhir siklus 2 siswa mengalami banyak peningkatan yakni semua tuntas dari KKM mencapai 100% dengan nilai rata-rata kelas 88,80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran ibadah sholat fardhu di kelas I SD IT At-Taqwa Grabag, Magelang mengalami peningkatan.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Mujahidun, M.Pd. dan Eko Kurniasih Pratiwi, M.S.I.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 29 Oct 2021 04:05
Last Modified: 29 Oct 2021 04:05
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2943

Actions (login required)

View Item View Item