UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING ( Studi kasus kelas 4 SD Muhammadiyah Kaliabu )

Handayani, Sulastri Nur (2018) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING ( Studi kasus kelas 4 SD Muhammadiyah Kaliabu ). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0401.0082_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_Sulastri Nur Handayani.pdf - Published Version

Download (721kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0082_BAB IV_Sulastri Nur Handayani.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0082_LAMPIRAN_Sulastri Nur Handayani.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0082_FULLTEXT_Sulastri Nur Handayani.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Metode Pembelajaran Mind Mapping (Studi kasus kelas 4 SD Muhmmadiyah Kaliabu). Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang. Latar belakang dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang kurang variatif. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas 4 SD Muhammadiyah Kaliabu dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam sebelum menggunakan metode mind mapping. 2) Untuk mengetahui penerapan metode mind mapping dalam peningkatan prestasi belajar pada siswa kelas 4 SD Muhammadiyah Kaliabu. 3) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah menggunakan metode mind mapping. Metodologi penelitian dalam skripsi ini menggunkan penelitian tindakan kelas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD Muhammadiyah Kaliabu yang berjumlah 13 anak. Pengumpulan data menggunakan dokumen, tes dan observasi. Analis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dengan beberapa siklus, pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping, terdapat peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Hal ini dibuktikan prestasi siswa pada saat sebelum pelaksanaan siklus ketuntasan siswa dengan nilai rata-rata 57,86 dan siklus I prestasi siswa meningkat dengan rata-rata 64,13, sedangkan di siklus II prestasi siswa meningkat dengan rata-rata 83,53.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Nurodin Usman, Lc., MA dan Irham Nugroho, M.Pd. I
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping, Penelitian, Peningkatan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 29 Oct 2021 03:58
Last Modified: 29 Oct 2021 03:58
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2938

Actions (login required)

View Item View Item