MUSANA, ENY (2018) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DENGAN METODE AL BARQU DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU IHSANUL FIKRI KOTA MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
13.0401.0080_ BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_ENY MUSANA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
13.0401.0080_BAB IV_ ENY MUSANA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (448kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0401.0080_LAMPIRAN_ ENY MUSANA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0401.0080_ FULLTEXT_ENY MUSANA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dilatarbelakangi oleh berkembangnya Sekolah Dasar Islam Terpadu Ihsanul Fikri yang mengembangkan pembelajaran mata pelajaran tahfidzul Qur‟an dengan metode Al Barqu sehingga peserta didik memiliki kemampuan menghafal Al Qur‟an yang valid. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran tahfidzul Qur‟an, faktor-faktor yang menjadi pendorong dan penghambat dalam penggunaan metode Al Barqu dalam pembelajaran mata pelajaran tahfidzul Qur‟an di kelas V (lima) di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ihsanul Fikri Kota Magelang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran tahfidzul Qur‟an dengan metode Al Barqu, khususnya di kelompok tahfidz kelas V (lima) tahfidz SDIT Ihsanul Fikri Kota Magelang berjalan dengan baik. Pertama dari waktu pembelajaran sekolah memberikan porsi yang cukup. Metode Al Barqu yang diterapkan cukup baik diantaranya dengan ketersediaan buku menghafal Al Qur‟an metode Al Barqu yang digunakan, yang mempunyai tiga keunggulan sistem diantaranya adalah panduan yang mudah dipahami, managemen menghafal yang tersistem dan kemampuan menghafal yang valid. Ketiga hal ini tidak bisa terpisahkan satu dengan lainnya, agar jaminan kualitas hafalan mampu dijaga. Buku ini disusun agar program menghafal Al Qur‟an yang dilakukan oleh SDIT Ihsanul Fikri dapat berjalan dengan baik, dari tahapan awal menghafal hingga tahap evaluasi. Sarana untuk melaksanakan evaluasi berupa muraja‟ah dilakukan pada program yang dirancang, yaitu program muroja‟ah pekanan dilaksanakan pada setiap hari Sabtu, bulanan dilaksanakan program Mukhoyam Al Qur‟an, semester dan tahunan dilaksanakan program imtihan atau uji publik. Pendidik dan peserta didik yang bersemangat dalam mengajar dan belajar sehingga peserta didik mengalami peningkatan hafalan yang pesat. Disamping dukungan orang tua yang kuat dari rumah yang menjadi salah satu faktor pendorong bagi peserta didik
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imron, S.Ag, M.Ag. dan Dra. Kanthi Pamungkas Sari, M.Pd |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 28 Oct 2021 08:22 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 08:22 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2934 |
Actions (login required)
View Item |