DALDIRI, MUHAMMAD (2018) IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI ILMU TAJWID PADA SISWA KELAS III DI SD MUHAMMADIYAH TAMANAGUNG MUNTILAN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
13.0401.0079_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_MUHAMMAD DALDIRI.pdf - Published Version Download (784kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
13.0401.0079_BAB IV_MUHAMMAD DALDIRI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (641kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0401.0079_LAMPIRAN_MUHAMMAD DALDIRI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0401.0079_FULLTEXT_MUHAMMAD DALDIRI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Implementasi Metode Drill Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Materi Ilmu Tajwid pada Siswa Kelas III di SD Muhammadiyah Tamanagung Muntilan) Magelang . Skripsi. Magelang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan penelitian ini adalahi: 1) untuk mengetahui bagaimana penerapan metode drill, 2) mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode drill, 3) dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam materi Ilmu Tajwid. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SD Muhammadiyah Tamanagung Muntilan yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini menggunakan tindakan berupa metode drill dalam proses pembelajaran materi ilmu Tajwid. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang diawali dengan pre test guna mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode drill. Dari analisis data hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode drill nilai rata-rata sebesar 65,36 dengan jumlah ketuntasan sebanyak 12 siswa. Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 72,32 dengan jumlah ketuntasan sebanyak 16 siswa dengan kenaikan rata-rata dari pra siklus ke siklus I sebesar 6,96. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata sebesar 80,36 dengan jumlah ketuntasan sebanyak 24 siswa dengan kenaikan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 8,04, juga dapat dilihat dari nilai persentase ketuntasan dari pra siklus sebesar 42,86%, siklus I sebesar 67,86% dan siklus II sebesar 85,71%. Dari data di atas diperoleh harga kritik “t” pada df 27 dengan signifikansi 5% sebesar 2,05 dan signifikansi 1% sebesar 2,77. Sedangkan to sebesar 8,167, maka dapat di ketahui bahwa to lebih besar dari ttabel yaitu: 2,05<8,165>2,77 Dengan demikian metode drill dapat meningkatkan hasil belajar materi ilmu Tajwid pada siswa kelas III di SD Muhammadiyah Tamanagung Muntilan
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Bapak Muis Sad Iman, M.Ag dan Bapak Ahwy Oktradiksa, M.Pd.I |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 28 Oct 2021 08:21 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 08:21 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2932 |
Actions (login required)
View Item |