Arman, Arman (2018) PENDIDIKAN AGAMA BERBASIS PESANTREN MASYARAKAT (STUDI: PROGRAM DUSUN BINAAN LEMBAGA AR-RAHMAN DI WONOLELO SAWANGAN MAGELANG JAWA TENGAH). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
12.0401.0033_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (871kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
12.0401.0033_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (765kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
12.0401.0033_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
12.0401.0033_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penilitian ini bertujuan untuk Mengetahui konsep pendidikan berbasis Pesantren Masyarakat yang dilakukan Ar-Rahman pada Dusun Binaan. Dan Menggambarkan bagaimana implementasinya. Subjek penelitian ini merupakan pengurus, santri serta warga dusun binnan yang dipilih secara acak untuk menjadikan subjek penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif interaktif. Untuk mengetahui pengaruh konsep pendidikan Ar-rahman dan implementasinya di dusun binaan terhadap penguatan akidah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Agama didusun binaan Ar-Rahman memiliki konsep sebagaimana pendidikan pesantren yakni dengan menjadikan fasilitas yang ada di masyarakat sebagai elemen dari pesantren. Elemen tersebut mencakup asrama santri adalah rumah warga masing-masing, masjid sebagai pusat kegiatan adalah masjid dusun binaan dan santrinya adalah warga dusun dengan tingkatan santri dari TPA hingga Maddin, adapun kitab atau materi pengajaran sama dengan pesantren Ar-Rahman Bogor dengan penyesuaian tingkat materi ajar dengan kondisi masyarakat dusun binaa. Adapun yang digunakan adalah Dasar pendidikan Ar-Rahman adalah tauhid dengan sumber Al- Quran, Hadis, dan Kitab yang di rekomendasikan. Adapun implementasi pendidikan agama Ar-Rahman yakni melalui program dusun binaan mencakup kegiatan harian (Tilawah Al-Qur’an, hafalan Al-Qur’an, setoran Iqro’ dan Al-Qur’an, mengaji di Madrasah), kegiatan mingguan (Didikan subuh bagi anak-anak TPA, pengajian ibu-ibu, olahraga untuk anak-anak TPA, bersih-bersih masjid dan dusun, musyawarah tim relawan dakwah, tilawah giliran di rumah anak TPA, sholat Tahajjud bersama tim giliran antar dusun), kegiatan bulanan ( pengajian selapanan untuk jamaah masjid, perlombaan TPA antar dusun), kegiatan tahunan (wisuda akbar, tarhib Ramadhan, halal bihalal dengan wali santri, maraton syiar, pengiriman kader ke sekolah-sekolah islam). Program pendidikan Ar-Rahman ini mendapat tanggapan yang positif dari sebagian besar warga dusun termasuk dari lurah Wonolelo, namun juga ada beberapa orang yang tidak suka terutama para pak tuo yang masih memelihara budaya-budaya adat bid’ah kurofat. Outputnya yakni peningkatan kualitas masyarakat dusun binaan melalui pendidikan.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Suliswiyadi, M. Ag dan Dra. Kanti Pamungkas, M. Pd. (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Pesantren Masyarakat |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 03 May 2019 09:02 |
Last Modified: | 03 May 2019 09:02 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/293 |
Actions (login required)
View Item |