Baihaqi, Ahmad (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD IT MUHAMMADIYAH BANDONGAN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
13.0401.0068_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_AHMAD BAIHAQI.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
13.0401.0068_BAB IV_AHMAD BAIHAQI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (713kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0401.0068_LAMPIRAN_AHMAD BAIHAQI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0401.0068_FULLTEXT_AHMAD BAIHAQI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian yang di latar belakangi oleh masalah kemampuan siswa yang menurun di bawah KKM karena metode Teacher Centris yang kurang tepat ini menjadikan metode Cooperative Script sebagai sebuah metode pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran Kisah Sahabat Nabi Umar bin Khattab ra. Tujuan dari penelitiam ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan memahami kisah Sahabat Nabi Umar bin Khattab ra yang dicapai oleh siswa kelas V SD IT Muhammadiyah Bandongan dalam konsep keteladanan setelah diterapkannya metode Cooperative Script dalam pembelajaran. Menurut para ahli, metode Cooperative Script ini sangat tepat digunakan untuk menarik minat peserta didik untuk belajar aktif berpartisipasi sehingga pembelajaran terasa menyenangkan. Penelitian ini dirancang menggunakan penelitian perbaikan pembelajaran metode Cooperative Script, dilaksanakan dalam 2 kali siklus dengan 2 kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDIT Muhammadiyah Bandongan tahun ajaran 2016/ 2017 dengan jumlah 20 siswa. Instrument utama yang dijadikan alat pengumpul data berupa tes sebagai evaluasi pembelajaran PAI Kelas V dengan materi Kisah Sahabat Nabi Umar bin Khattab ra, serta observasi berupa skala sikap, dan jurnal guru. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya diolah menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar Kisah Sahabat Nabi Umar bin Khattab ra pada siswa dari siklus I dan II mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dari keberhasilan evaluasi pembelajaran PAI materi Kisah Sahabat Nabi Umar bin Khattab ra dengan menggunakan metode Cooperative Script pada siklus I sebesar 76,90 % prosentase pertambahan nilainya, serta 66,62 % sudah tuntas KKM. Pada akhir siklus II prosentase pertambahan nilainya meningkat menjadi 87,61 % serta 100 % siswa tuntas KKM. Dengan demikian terbukti bahwa penerapan metode Cooperative Script berhasil meningkatkan kemampuan pada siswa kelas V SDIT Muhammadiyah Bandongan. Peneliti akhirnya merekomendasikan kepada pihak-pihak yang berkompeten terutama para guru yang mengampu pelajaran PAI untuk menerapkan metode Cooperative Script dan juga pada pembelajaran selain PAI.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Muis Sad Iman, S.Pd.I, M.Pd.I dan Ahwy Oktradiksa, S.Pd.I, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan, Kisah Sahabat Nabi, Cooperative Script |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 28 Oct 2021 07:49 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 07:49 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2926 |
Actions (login required)
View Item |