PENINGKATAN KETERAMPILAN IBADAH PRAKTIS PADA MATA PELAJARAN PAI MELALUI METODE DEMONSTRASI DI SD MUHAMMADIYAH DONOREJO SECANG MAGELANG

AKYUN, AKYUN (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN IBADAH PRAKTIS PADA MATA PELAJARAN PAI MELALUI METODE DEMONSTRASI DI SD MUHAMMADIYAH DONOREJO SECANG MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0401.0067_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_AKYUN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0067_BAB IV_AKYUN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0067_LAMPIRAN_AKYUN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0067_FULLTEXT_AKYUN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan keterampilan ibadah praktis siswa materi wudhu dengan menggunakan metode demonstrasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan ibadah praktis pada mata pelajaran PAI di SD Muhammadiyah Donorejo. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode demonstrasi dengan memperagakan tata cara berwudhu kepada siswa sehingga proses pembelajaran akan lebih berkesan. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan penelitian tindakan kelas dengan metode demonstrasi dapat memperbaiki kondisi pembelajaran dan meningkatkan keterampilan ibadah praktis siswa materi wudhu. Dalam penelitian ini guru sekaligus bertindak sebagai peneliti dan penelitian ini dalam pelaksanaannya dibagi menjadi 2 siklus. Tiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Peningkatan keterampilan ibadah praktis siswa materi wudhu ini dapat dilihat dari nilai prosentase ketercapaian hasil kegiatan pembelajaran sebelum tindakan yang benar semua tata cara wudhu baru mencapai 4 siswa atau 21,1%, salah sebagian 6 siswa atau 31,5% dan yang salah semua 9 siswa atau 47,4%. Sedangkan pada siklus I yang benar semua tata cara wudhu sudah mencapai8 siswa atau 42,1%, yang salah sebagian 5 siswa atau 26,3% dan yang salah semua ada 6 siswa atau 31,6%. Pada siklus II siswa yang sudah benar semua tata cara wudhu 15 siswa atau 78,95%, yang salah sebagian 4 siswa atau 21,05% sedangkan siswa yang salah semua tidak ada. Ketuntasan belajar 100%. Hal ini dikarenakan dengan penerapan metode demonstrasi kegiatan pembelajaran menjadi lebih hidup dan siswa lebih terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr Imam Mawardi, M.Ag dan M. Tohirin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Ibadah Praktis dan Metode Demonstrasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 28 Oct 2021 07:44
Last Modified: 28 Oct 2021 07:44
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2921

Actions (login required)

View Item View Item