TRISNANTORO, TRISNANTORO (2018) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK SISWA DI SD MUHAMMADIYAH 1 ALTERNATIF KOTA MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
13.0401.0065_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_TRISNANTORO.pdf - Published Version Download (940kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
13.0401.0065_BAB IV_TRISNANTORO.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (332kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0401.0065_LAMPIRAN_TRISNANTORO.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0401.0065_FULLTEXT_TRISNANTORO.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian yang di latar belakangi oleh masalah pentingnya peran seorang Guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan prestasi akademik siwa. Peningkatan dan penyempurnaan kualitas pendidikan dilakukan harus dilakukan dengan berbagai peran. Mulai dari pembenahan sistem pendidikan,pengaturan jenjang pendidikan dan metodelogi pendidikan yang di arahkan untuk meningkatkan prestasi. Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah adalah (1) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan prestasi akademik siswa di SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang, (2) ketrampilan apa saja yang dimiliki oleh Guru PAI dalam meningkatkan prestasi akademik siswa di SD Muhammadiyah 1 Alternatif kota Magelang, (3) kendala apa yang di hadapi Guru PAI dalam meningkatkan prestasi akademik siswa di SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahutahui bagaimana Peran Guru PAI dalam meningkatkan prestasi akademik siswa di SD Muhammadiyah 1 Alternatif kota magelang, (2) untuk mengetahui apa saja ketrampilan yang dimiliki oleh Guru PAI dalam meningkatkan prestasi akademik siswa di SD Muhammadiyah 1 Alternatif kota Magelang, (3) untuk mengetahui kendala yang di hadapi Guru PAI dalam meningkatkan prestasi akademik siswa di SD Muhammadiyah 1 Alternatif kota Magelang, Skripsi ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Selanjutnya pengolahan data menggunakan tiga langkah utama dalam penelitian, yaitu: reduksi data, sajian data (display data), dan verifikasi data (menyimpulkan data). Adapun Peran guru PAI di SD Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang adalah sebagai Pendidik, Pembimbing, Pengajar dan Penasehat. Bentuk pendidikan secara lansung yaitu Guru mendidik siswa agar mempunyai sikap yang bisa menanamkan dalam diri siswa sikap kedisiplinan dalam mematuhi peraturan. Bentuk bimbingan secara langsung yaitu: Guru PAI membimbing kegiatan ekstra keagamaan. Bentuk pengajar secara langsung yaitu Guru PAI memberikan pengetahuan tentang keagamaan, Peran guru PAI sebagai Penasehat yaitu dengan memberikan nasehat dan solusi baik pada siswa secara umum maupun siswa yang mempunyai masalah, serta memberikan dorongan agar siswa bisa semangat dalam belajar dan berprestasi.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imron, M.A dan Dra. Kanthi Pamungkas Sari, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru Pendidikan Agama Islam,Prestasi Akademik Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 28 Oct 2021 07:40 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 07:40 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2915 |
Actions (login required)
View Item |