PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI THOHAROH DI SD ISLAM PLUS AL-IMAN KOTA MAGELANG

MUJIB, MH.SYAIFUL (2018) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI THOHAROH DI SD ISLAM PLUS AL-IMAN KOTA MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0401.0064_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA_MH.SYAIFUL MUJIB.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0064_BAB IV_MH.SYAIFUL MUJIB.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (710kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0064_LAMPIRAN_MH.SYAIFUL MUJIB.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0401.0064_FULLTEXT_MH.SYAIFUL MUJIB.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Thoharoh Di SD Islam Plus Al-Iman Kota Magelang. Skripsi. Magelang : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang, 2018 Penelitian yang di latar belakangi oleh masalah kemampuan siswa yang menurun di bawah KKM karena metode Ceramah dan Tanya Jawab yang kurang tepat ini menjadikan metode Demonstrasi sebagai sebuah metode pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran Fiqih materi thoharoh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan memahami tata cara berwudhu yang dicapai oleh siswa kelas II SD Islam Plus Al-Iman Kota Magelang. Penelitian ini dirancang menggunakan penelitian perbaikan pembelajaran metode Demonstrasi, dilaksanakan dalam 2 kali siklus dengan 2 kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas II SD Islam Plus Al-Iman Kota Magelang tahun ajaran 2016/ 2017 dengan jumlah 21 siswa. Instrument utama yang dijadikan alat pengumpul data berupa tes sebagai evaluasi pembelajaran Fiqih Kelas II dengan materi tata cara berwudhu, serta observasi berupa skala sikap, dan jurnal guru. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya diolah menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar Fiqih pada siswa dari siklus I dan II mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dari keberhasilan evaluasi pembelajaran Fiqih materi thoharoh dengan menggunakan metode Demonstrasi pada siklus I sebesar 76,90 % prosentase pertambahan nilainya, serta 66,62 % sudah tuntas KKM. Pada akhir siklus II prosentase pertambahan nilainya meningkat menjadi 87,61 % serta 100 % siswa tuntas KKM. Dengan demikian terbukti bahwa penerapan metode Demonstrasi berhasil meningkatkan kemampuan pada siswa kelas II SD Islam Plus Al-Iman Kota Magelang. Peneliti akhirnya merekomendasikan kepada pihak-pihak yang berkompeten terutama para guru yang mengampu pelajaran Fiqih untuk menerapkan metode Demonstrasi dan juga pada pembelajaran PAI.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Imam Mawardi, M.Ag dan M.Tohirin, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Tata Cara Wudhu, Demonstrasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 28 Oct 2021 07:34
Last Modified: 28 Oct 2021 07:34
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2913

Actions (login required)

View Item View Item